Jumat, 16 Desember 2016

Iconik Khas Unair

Universitas Airlangga terbagi menjadi tiga lokasi kampus yang berbeda. Dan setiap lokasi kampus entah itu A,B,C, kesemuanya memiliki ciri khas iconik yang berbeda. Kampus A terkenal dengan sejarahnya. Bangunan kampus A merupakan peninggalan sejak jaman Belanda sebagai kampus Kedokteran yang dikenal dengan nama NIAS Building. Menurut sejarahnya, Kampus A dan Fakultas Kedokteran merupakan cikal bakal berdirinya Unair. Jadi jangan heran kalo bangunan Netherland Indische Artsen School ini sangat terkenal dan banyak yang mengetahui. Beranjak ke Kampus B, menurut pendapat mayoritas mahasiswa, mereka biasanya sependapat bahwa Kampus B terkenal dengan bangunan FEB yang paling modern diantara fakultas lain se-unair. Begitu memasuki gerbang kampus B, setiap orang langsung dihadapkan dengan masjid  dan FEB. Kampus B paling sering digunakan ujian PPMB untuk mahasiswa baru. Di kampus B juga terdapat masjid Nuruzzaman yang merupakan masjid kampus paling besar yang pertama sebelum masjid Ulul Azmi didirikan. 
RSUA tampak samping dari Danau depan Rektorat
Kampus B kebanyakan terdiri atas Fakultas-fakultas sosio-humaniora atau lebih mudahnya disebut cluster sosio-humaniora, meskipun ada pula disana fakultas Farmasi dan fakultas Vokasi. Di kampus B juga terdapat Perpustakaan Pusat Universitas Airlangga, Pusat Bahasa, Pusat Layanan Kesehatan (PLK) pusat, Unair Corner, serta pusat-pusat lainnya yang sangat vital bagi mahasiswa Unair. Nah untuk kampus C banyak sekali iconik yang terdapat di sana karena kampus C merupakan kampus pusat dimana keberadaan kantor manajemen atau biasa kita sebut sebagai rektorat.
Danau depan Rektorat
Rektorat Unair memang ngehitz dan terkenal dengan ikon utama danau dan patung tulisan Universitas Airlangga di depannya. Namun tak hanya itu, di kampus C juga terdapat Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) yang merupakan RS Akademik yang menjadi percontohan kampus lain di Indonesia, Rumah Sakit Penyakit Tropis (RSPT) yang merupakan hibah dari kemenkes untuk unair sebagai pusat penelitian penyakit tropis satu-satunya di Indonesia, Airlangga Conventin Center (ACC) yang biasanya digunakan untuk acara wisuda dan disewakan untuk umum, Masjid Ulul Azmi yang merupakan masjid kampus yang baru saja diresmikan tahun ini, Student Center (SC) yang merupakan pusat kegiatan organisasi Mahasiswa seluruh Unair, Pusat Layanan Kesehatan (PLK), Radio Unair, Perpustakaan kampus C, serta masih banyak lagi kantor-kantor bagian yang letaknya berada di gedung rektorat Unair.
Jembatan Depan Gedung Rektorat

Patung Airlangga
Tak afdol rasanya dan belum kekinian jika sudah pernah berstatus sebagai mahasiswa kampus ini ataupun sekedar pernah berkunjung ke kampus ini tapi tak menyempatkan diri berfoto di ikon utama kampus, entah itu di kampus A, B, ataupun C. Sebagai mahasiswa Unair sayapun turut bangga dengan kampus ini dengan segala fasilitasnya. Akhir kata, semoga setiap fasilitas di Unair dapat memberikan layanan terbaik dan membawa manfaat bagi kita semua, baik bagi warga Unair maupun luar Unair.







This article is original credit by me for blogging competition which held by Badan Perencanaan dan Pengembangan Universitas Airlangga.
For more detail please check http://bpp.unair.ac.id/ketentuanlomba

1 komentar:

  1. Apakah ada informasi tambahan tentang fasilitas atau kegiatan khusus lainnya di Kampus B Unair yang menarik untuk dicatat?
    Regard Telkom University



    BalasHapus

arsip oke!